SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

DOWNLOAD RPP SOSIOLOGI KTSP KELAS XI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah                   :
Mata Pelajaran         : Sosiologi
Kelas/semester        :  X I / 1
Standar Kompetensi  : 1.     Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab                      konflik dan mobilitas sosial.                                         
Kompetensi Dasar              : 1. 1. Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam                   fenomena kehidupan masyarakat.                                             
Indikator Pencapaian Kompetensi:
·         Mendeskrispsikan pengertian struktur sosial
·         Mendeskripsikan diferensiasi sosial.
·         Mengidentifikasi diferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis, agama, dan jender.
Alokasi Waktu      :  2 x 45 menit (1 X Pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
o  mendeskrispsikan pengertian struktur sosial
o  mengidentifikasi diferensiasi sosial di masyarakat
o  Mengidentifikasi diferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis, agama, dan jender.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
        

B.     Materi Pembelajaran

o  Struktur sosial
o  Diferensiasi sosial

C.     Metode Pembelajaran

o  Informasi
o  kerja mandiri
o  eksplorasi
o  Diskusi
o  ceramah




Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat.
·   Secara individu mengamati diferensiasi sosial dalam kehidupan masyarakat.
·   Secara individu mengamati stratifikasi sosial dalam kehidupan masyarakat.
·         Secara kelompok mendiskusikan diferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis, agama, dan jender.
·         Siswa dapat Mendeskrispsikan pengertian struktur sosial
·         Siswa dapat Mendeskripsikan diferensiasi sosial.
·         Siswa dapat Mengidentifikasi diferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis, agama, dan jender.

 

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran


No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.    Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan sosiologi yang telah dipelajari di kelas X
b.   Memotivasi
Siswa mendengarkan tujuan pembelajaran tentang struktur dan diferensiasi sosial dalam masyarakat.
c.    Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat gambaran tentang struktur sosial dan diferensiasi sosial dalam bentuk skema.


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian , ciri struktur sosial, fungsi, dasn bentuk struktur sosial. Siswa membuat catatan singkat berdasarkan penjelasan guru.(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 6. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mendengar penjelasan guru tentang diferensiasi sosial, dan bentuk-bentuk diferensiasi sosial.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mengerjakan tugas ”Uji  Penguasaan Materi” dalam buku halaman 13. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa membentuk kelompok kemudian membaca artikel dalam buku  halaman 14, kemudian mendiskusikan bersama teman-temannya. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru menjadi pemandu diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa dan guru membuat kesimpulan atas hasil diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mengumpulkan hasil diskusinya untuk dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



3.
Kegiatan Akhir
  Siswa mengerjakan evaluasi dalam buku halaman 15-18. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa diberi tugas untuk mengamati masyarakat di sekitarnya, lalu mengelompokkan masyarakat berdasarkan diferensiasi sosial. Kemudian siswa membuat laporan  atau tulisan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);




E.     Sumber pembelajaran:

o  Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS  halaman 2- 18.
o  Kehidupan dalam masyarakat
o  Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

F.     Media

o  Papan tulis
o  Alat-alat tulis
o  Lembar soal
o  Transparan Konsep
o  Power Point
o  OHP

G.    Penilaian

o  Hasil pekerjaan siswa “Uji Penguasaan Materi dalam buku 6 dan 13.
o  Hasil laporan siswa tentang keadaan masyarakat.
o  Diskusi kelompok dalam buku halaman 14

Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
         
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama













Keterangan: nilai maksimal 20

LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6














Aspek yang dinilai:
o  Kemampuan menyampaikan pendapat.
o  Kemampuan memberikan argumentasi.
o  Kemampuan memberikan kritik.
o  Kemampuan mengajukan pertanyaan.
o  Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
o  Kelancaran berbicara.

Penskoran:                                        Jumlah skor:
A. Tidak Baik           Skor 1                    24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik         Skor 2                    18—23 = Baik
C. Cukup Baik          Skor 3                    12—17 = Cukup
D. Baik                   Skor 4                    6—11 = Kurang
E. Sangat Baik                   Skor 5




FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst








Keterangan:                                                                Rentang skor : 1—3
o  Aktivitas dalam kelompok                       2—15           = Sangat baik
o  Tanggung jawab individu                         9—11            = Baik
o  Pemikiran                                             6—8             = Cukup       
o  Keberanian berpendapat                         3—5             = Kurang      
o  Keberanian tampil    

1.    Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 15-18


Mengetahui,
Kepala






, Juli 2011
Guru Mapel Sosiologi






Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "DOWNLOAD RPP SOSIOLOGI KTSP KELAS XI"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top