SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

DOWNLOAD RPP SOSIOLOGI KTSP KELAS XII



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah                   :
Mata Pelajaran         : Sosiologi
Kelas/semester        :  XII / 1
Standar Kompetensi  : 1.     Memahami dampak perubahan sosial
Kompetensi Dasar              : 1. 1. Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat.                                   
Indikator Pencapaian Kompetensi:
·         Memberi contoh berbagai perubahan yang terjadi di masyarakat.
·         Mendeskripsikan bentuk-bentuk perubahan sosial.
·         Memberikan contoh faktor pendorong perubahan sosial.
·         Mengidentifikasikan faktor-faktor penghambat perubahan sosial.

Alokasi Waktu      :  8 x 45 menit (4 X Pertemuan)

A.  Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
o  mendeskripsikan pengertian perubahan sosial
o  mengidentifikasi bentuk-bentuk perubahan sosial
o  mengidentifikasi faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial.
o  menjelaskan akibat dari perubahan sosial
Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.

B.  Materi Pembelajaran

o  Perubahan Sosial

C.  Metode Pembelajaran

o  Informasi
o  kerja mandiri
o  eksplorasi
o  diskusi
o  ceramah



Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat.
·   Secara individu mencari contoh kasus di masyarakat tentang perubahan sosial.
·   Secara klasikal menggolongkan bentuk-bentuk perubahan sosial sesuai kasus yang diperoleh dari masyarakat.
·   Menggali secara individu mencari contoh kasus tentang faktor pendorong perubahan sosial.
·   Secara klasikal menguraikan tentang faktor pendorong perubahan sosial.
·   Siswa dapat  Memberi contoh berbagai perubahan yang terjadi di masyarakat.
·   Siswa dapat  Mendeskripsikan bentuk-bentuk perubahan sosial.
·   Siswa dapat  Memberikan contoh faktor pendorong Perubahan Sosial.
·   Siswa dapat  Mengidentifikasikan faktor-faktor penghambat perubahan sosial.

D. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1
No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.    Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa perubahan yang terjadi dalam diri siswa.
b.   Memotivasi
Siswa mendengarkan tujuan mempelajari hakikat dan bentuk-bentuk perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat.
c.    Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan gambar yang menunjukkan perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat. Setelah itu, siswa memperhatikan skema perubahan sosial yang digambar oleh guru. 


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian perubahan sosial, pandangan para tokoh tentang perubahan sosial, teori utama pola perubahan sosial, dan teori-teori modern mengenai perubahan sosial.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa bisa menggali informasi dari berbagai informasi tentang perubahan sosial misalnya, di perpustakaan atau pengalaman di sekitarnya. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus  yang ada dalam buku halaman 10.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru memandu diskusi secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang diskusi yang telah dilakukan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 10. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);


3.
Kegiatan Akhir
  Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang dipelajari tentang pengertian perubahan sosial.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa diberi tugas untuk mengamati masyarakat di sekitar lingkungannya dan membuat karangan tentang perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mempersiapkan kamera untuk foto perubahan sosial untuk pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);



Pertemuan 2

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.   Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan tugas siswa berupa karangan tentang perubahan sosial dalam masyarakat.
b.  Memotivasi
Siswa mendengarkan tujuan mempelajari bentuk-bentuk perubahan sosial.
c.   Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan gambar bentuk-bentuk perubahan sosial dalam masyarakat.. 


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bentuk-bentuk perubahan sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 14. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian para siswa ditugaskan untuk memotret perubahan-perubahan sosial yang terjadi di sekitar lingkungan sekolahnya. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa membuat laporan singkat tentang obyek foto yang diambil kepada guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang bentuk-bentuk perubahan sosial.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);


3.
Kegiatan Akhir
  Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru secara tertulis. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa diberi tugas untuk mencetak foto lalu siapkan untuk pameran.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);



Pertemuan 3

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.    Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar bentuk-bentuk perubahan sosial.
b.   Memotivasi
Siswa mendengarkan tujuan mempelajari faktor-faktor pendorong dan penghambat serta dampak perubahan sosial dalam masyarakat.
c.    Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan gambar mode pakaian atau foto yang diambil oleh para siswa. . 


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial dan dampak perubahan sosial tersebut. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa bisa menonton film tentang perubahan sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 19 dan 24. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan artikel yang ada dalam buku halaman 24-25. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru bertugas sebagai pemandu diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial dan dampak sosialnya. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



3.
Kegiatan Akhir
  Siswa dan guru membuat rangkuman bersama materi yang dipelajari tentang faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial dan dampak perubahan sosial tersebut.
  Siswa diberi tugas untuk membuat kliping dengan analisa tentang faktor pendorong terjadinya perubahan itu. Selain itu, siswa juga ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal evaluasi akhir bab 1 dari halaman 26-30.





Pertemuan 4

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.    Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan tugas para siswa.
b.   Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud  diadakan ulangan blok.
c.    Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang ulangan blok.


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa mendapatkan soal-soal ulangan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);


3.
Kegiatan Akhir
  Siswa dan guru membahas  pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa dalam ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);



E.  Sumber pembelajaran:

o  Buku Sosiologi SMA kelas 3 ESIS  halaman 2-30.
o  Pengalaman siswa tentang perubahan sosial
o  Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

F.  Media

o  Papan tulis
o  Alat-alat tulis
o  Lembar soal
o  Transparan Konsep
o  Power Point
o  OHP

G. Penilaian

o  Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok dari halaman 26-30.
o  Karangan siswa tentang perubahan sosial dalam masyarakat.
o  Diskusi kelompok dalam buku halaman 24-25.

Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
         
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama












Keterangan: nilai maksimal 20
    
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6









Aspek yang dinilai:
o  Kemampuan menyampaikan pendapat.
o  Kemampuan memberikan argumentasi.
o  Kemampuan memberikan kritik.
o  Kemampuan mengajukan pertanyaan.
o  Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
o  Kelancaran berbicara.
Penskoran:                                        Jumlah skor:
A. Tidak Baik           Skor 1                    24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik         Skor 2                    18—23 = Baik
C. Cukup Baik          Skor 3                    12—17 = Cukup
D. Baik                   Skor 4                    6—11 = Kurang
E. Sangat Baik                   Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst








Keterangan:                                                                Rentang skor : 1—3
1.    Aktivitas dalam kelompok             2—15           = Sangat baik
2.    Tanggung jawab individu               9—11            = Baik
3.    Pemikiran                                   6—8             = Cukup       
4.    Keberanian berpendapat               3—5             = Kurang      
5.    Keberanian tampil    

1.      Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 15-18


Mengetahui,
Kepala






, Juli 2011
Guru Mapel Sosiologi








Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "DOWNLOAD RPP SOSIOLOGI KTSP KELAS XII"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top