RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
Mata Pelajaran :
Sosiologi
Kelas/semester : XII / 1
Standar Kompetensi :
1. Memahami dampak perubahan sosial
Kompetensi Dasar : 1. 1. Menjelaskan proses perubahan
sosial di masyarakat.
Indikator Pencapaian
Kompetensi:
·
Memberi contoh berbagai
perubahan yang terjadi di masyarakat.
·
Mendeskripsikan bentuk-bentuk
perubahan sosial.
·
Memberikan contoh faktor
pendorong perubahan sosial.
·
Mengidentifikasikan
faktor-faktor penghambat perubahan sosial.
Alokasi Waktu : 8
x 45 menit (4 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan
dapat:
o
mendeskripsikan pengertian
perubahan sosial
o
mengidentifikasi
bentuk-bentuk perubahan sosial
o
mengidentifikasi faktor
pendorong dan penghambat perubahan sosial.
o
menjelaskan akibat dari
perubahan sosial
Karakter siswa yang
diharapkan :
§
Toleransi,
Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli
Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan /
Ekonomi Kreatif :
§
Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan
Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
o Perubahan
Sosial
C. Metode Pembelajaran
o
Informasi
o
kerja mandiri
o
eksplorasi
o
diskusi
o ceramah
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menjelaskan proses
perubahan sosial di masyarakat.
|
· Secara individu mencari
contoh kasus di masyarakat tentang perubahan sosial.
· Secara klasikal
menggolongkan bentuk-bentuk perubahan sosial sesuai kasus yang diperoleh dari
masyarakat.
· Menggali secara individu
mencari contoh kasus tentang faktor pendorong perubahan sosial.
· Secara klasikal
menguraikan tentang faktor pendorong perubahan sosial.
|
· Siswa dapat Memberi contoh berbagai perubahan yang
terjadi di masyarakat.
· Siswa dapat Mendeskripsikan bentuk-bentuk perubahan
sosial.
· Siswa dapat Memberikan contoh faktor pendorong
Perubahan Sosial.
· Siswa dapat Mengidentifikasikan faktor-faktor
penghambat perubahan sosial.
|
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran.
Kemudian, guru menanyakan beberapa perubahan yang terjadi dalam diri siswa.
b. Memotivasi
Siswa mendengarkan tujuan mempelajari hakikat
dan bentuk-bentuk perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat.
c. Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan gambar yang menunjukkan
perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat. Setelah itu, siswa
memperhatikan skema perubahan sosial yang digambar oleh guru.
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian perubahan sosial,
pandangan para tokoh tentang perubahan sosial, teori utama pola perubahan
sosial, dan teori-teori modern mengenai perubahan sosial. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin ,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli
Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa bisa menggali informasi dari berbagai informasi tentang perubahan
sosial misalnya, di perpustakaan atau pengalaman di sekitarnya. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air ,
Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus yang ada dalam buku halaman 10. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin ,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli
Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru memandu diskusi
secara klasikal. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air ,
Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang diskusi yang telah dilakukan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air ,
Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 10. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air ,
Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli
social, Tanggung Jawab.);
|
||
3.
|
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang dipelajari
tentang pengertian perubahan sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air ,
Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa diberi tugas untuk mengamati masyarakat di sekitar lingkungannya
dan membuat karangan tentang perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air ,
Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa mempersiapkan kamera untuk foto perubahan sosial untuk pertemuan
berikutnya. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air ,
Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
Pertemuan 2 |
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian,
guru mengumpulkan tugas siswa berupa karangan tentang perubahan sosial dalam
masyarakat.
b. Memotivasi
Siswa mendengarkan tujuan mempelajari
bentuk-bentuk perubahan sosial.
c. Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan gambar bentuk-bentuk
perubahan sosial dalam masyarakat..
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bentuk-bentuk perubahan
sosial. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air ,
Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 14. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air ,
Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian para siswa ditugaskan untuk
memotret perubahan-perubahan sosial yang terjadi di sekitar lingkungan
sekolahnya. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air ,
Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa membuat laporan singkat tentang obyek foto yang diambil kepada
guru. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air ,
Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang bentuk-bentuk perubahan
sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air ,
Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli
social, Tanggung Jawab.);
|
||
3.
|
Kegiatan Akhir
Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru secara tertulis. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air ,
Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa diberi tugas untuk mencetak foto lalu siapkan untuk pameran. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin ,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan,
Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
Pertemuan 3 |
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran.
Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar bentuk-bentuk perubahan
sosial.
b.
Memotivasi
Siswa mendengarkan tujuan mempelajari
faktor-faktor pendorong dan penghambat serta dampak perubahan sosial dalam
masyarakat.
c.
Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan gambar mode pakaian atau
foto yang diambil oleh para siswa. .
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang faktor pendorong dan
penghambat perubahan sosial dan dampak perubahan sosial tersebut. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air ,
Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa bisa menonton film tentang perubahan sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air ,
Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 19 dan
24. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air ,
Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan artikel yang
ada dalam buku halaman 24-25. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin ,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli
Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru bertugas
sebagai pemandu diskusi kelas. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin ,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli
Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang faktor pendorong dan penghambat
perubahan sosial dan dampak sosialnya. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin ,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli
Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli
social, Tanggung Jawab.);
|
||
3.
|
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru membuat rangkuman bersama materi yang dipelajari tentang
faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial dan dampak perubahan sosial
tersebut.
Siswa diberi tugas untuk membuat kliping dengan analisa tentang faktor
pendorong terjadinya perubahan itu. Selain itu, siswa juga ditugaskan untuk
mengerjakan soal-soal evaluasi akhir bab 1 dari halaman 26-30.
|
Pertemuan 4 |
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran.
Kemudian, guru mengumpulkan tugas para siswa.
b.
Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok.
c.
Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang
ulangan blok.
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa mendapatkan soal-soal ulangan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air ,
Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air ,
Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air ,
Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli
social, Tanggung Jawab.);
|
||
3.
|
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru membahas
pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa dalam ulangan
blok. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air ,
Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan
blok. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi, Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Cinta Tanah Air ,
Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
E. Sumber pembelajaran:
o
Buku Sosiologi SMA kelas 3
ESIS halaman 2-30.
o
Pengalaman siswa tentang
perubahan sosial
o Media
massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
o
Papan tulis
o
Alat-alat tulis
o
Lembar soal
o
Transparan Konsep
o
Power Point
o OHP
G. Penilaian
o
Hasil pekerjaan siswa dari
ulangan blok dari halaman 26-30.
o
Karangan siswa tentang
perubahan sosial dalam masyarakat.
o Diskusi
kelompok dalam buku halaman 24-25.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No.
|
Nama
|
ASPEK PENILAIAN
|
Total nilai
|
Presentasi |
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan mengemukakan
pendapat
|
Kerja sama |
||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
Dinilai
|
Skor/
Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
Aspek yang dinilai:
o
Kemampuan menyampaikan
pendapat.
o
Kemampuan memberikan
argumentasi.
o
Kemampuan memberikan kritik.
o
Kemampuan mengajukan
pertanyaan.
o
Kemampuan menggunakan bahasa
yang baik.
o
Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor
1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor
2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor
3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor
4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor
5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama Siswa |
Kriteria
Penilaian
|
Jumlah
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
dst
|
Keterangan:
Rentang skor : 1—3
1.
Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil
1.
Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 15-18
Mengetahui,
Kepala
|
, Juli 2011
Guru Mapel Sosiologi
|
0 Komentar untuk "DOWNLOAD RPP SOSIOLOGI KTSP KELAS XII"